Cara Menghitung Berat Dasar Karton

Di artikel kali ini kita akan membahas satu hal dasar yang sangat penting untuk di ketahui, yaitu cara menghitung berat dasar karton atau Basic Weight.

Untuk dapat menghitung Basic Weight atau berat dasar karton kita harus memiliki Meteran untuk mengukur Panjang dan Lebar satu lembar karton.

Satu lembar karton (atau Corrugated Carton Board) biasanya berisi beberapa susunan kertas yang masing – masing memikili Basic Weight berbeda, jadi untuk dapat mengetahui Berat Dasar Keseluruhan dari suatu karton kita harus menjumlahkan Berat Dasar dari masing – masing komponen/susunan kertas. 

Dan yang harus kita ketahui jika kita memotong karton ukuran 1 meter persegi, maka panjang dari setiap kertas tentu saja berbeda terutama yang berupa flute atau gelombang.

Contohnya di Top, Middle ,Botom Liner yang memiliki panjang 1 M persegi di lapis kedua yang bergelombang (misalkan B Flute) memiliki Panjang yang berbeda jika di setrika dan di luruskan akan memiliki luas 1,32 M persegi, jadi berdasarkan fakta bahwa luas kertas yang bergelombang lebih besar jika dibandingan dengan yang lurus maka dalam perhitunganya harus di kalikan dengan suatu Faktor Pengali yang di sebut Take Up Factor.

Contoh Cara Menghitung

Disini kita ambil contoh Karton Ukuran 100 x 100 Cm , dengan Double Wall dan Substance K150/M125x3/K125 C/B Flute

Ada 5 lapis kertas dalam contoh gambar di atas, Berikut Contoh Perhitungan Berat Dasar atau Basic Weight : 

K150/M125x3/K125 C/B Flute

Jadi Rumusnya 

Basic Weight = Gramatur Kertas x Take Up Faktor

Take Up Factor

Apa sih kegunaanya Basic Weight?

Kegunaanya sendiri yaitu untuk mengetahui berapa Berat Dasar karton dalam jumlah yang banyak tanpa harus menimbang menggunakan timbangan .

Reference on Table Take Up Factor

CENTRAL PULP AND PAPER RESEARCH INSTITUTE
More News and Articles

Let's Work Together

We’ll be happy to discuss your project in details, provides estimates, and answer your inquiries.